Wednesday 27 February 2013

Prostaglandin


1)   Apa perbedaan dari PGE dan PGF ?
Jawab :

·         Istilah PGE1, PDF1alfa, PGE2, dan PDF2alfa merupakan lambang dari senyawa prostaglandin. PG berarti prostaglandin, E berarti alkohol keto sedangkan PG berarti prostaglandin,  F berarti diol. Subskrip merujuk ke banyaknya ikatan rangkap. (misalnya 1, berarti adanya 1 ikatan rangkap). Subskrip  merujuk ke konfigurasi OH pada karbon 9 (cis terhadap rantai samping karboksil).
·         Banyaknya ikatan rangkap dan struktur yang berbeda.                                                   
2)   Bagaimana peranan prostaglandin pada siklus bangun tidur?
Jawab :
Prostaglandin pertama kali diketemukan dari cairan semen manusia pada sekitar tahun 1930 oleh Ulf von Euler dari Swedia. Oleh karena diduga berasal dari kelenjar prostat, sang penemu memberinya nama prostaglandin.

 Prostaglandin, seperti hormon, berfungsi layaknya senyawa sinyal tetapi hanya bekerja di dalam sel tempat mereka tersintesis. Rumus bangun prostaglandin adalah asam alkanoat tak jenuh yang terdiri dari 20 atom karbon yang membentuk 5 cincin. Prostaglandin tersintesis dari asam lemak dan asam arakidonat.
Fungsi prostaglandin dalam siklus bangun tidur adalah sebagai endogen zat tidur yang paling kuat untuk mempromosikan mekanismetindakan dan membantu untuk membentuk wawasan yang baru tentang fisiologis dan patologis pengaturan tidaur manusia.
Siklus bangun tidur dapat disebabkan secara langsung ataupun tidak langsung. Prostaglandin mempunyai peranan pada siklus bangun tidur secara tidak langsung.
Prostaglandin berada di tubuh kita, yang menyebabkan terjadinya faktor humoral yang sistem kerjanya akan membuka Ca-Chanel (kalsium) sehingga dapat merangsang saraf otonomik di daerah otak hipotalamus. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya siklus bangun tidur yang lebih tepatnya dapat disimpulkan gangguan tidur.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Catatan Informatika