Thursday 13 September 2012

PENGENDAPAN SOL HIDROFOB OLEH ELEKTROLIT




1. Tujuan

Mempelajari pengaruh penambahan elektrolit pada sol hidrofob.  Menentukan nilai pengendapan ion-ion bervalensi satu, dua atau tiga terhadap sol hidrofob tertentu.

II. Teori

            Salah satu sifat partikel dispersi koloid dalam medium polar ialah memiliki muatan listrik pada permukaannya. Permukaan bermuatan ini mempengaruhi distribusi ion terdekat dalam medium pendispersi. Ion dengan muatan yang sama tertolak menjauhi permukaan. Akibat hal di atas dan akibat gerakan partikel karena panas timbul lapis rangkap listrik dan distribusi muatan yang baur di sekitarnya.
            Kestabilan sol hidrofob disebabkan oleh muatan sejenis dari partikel-partikel terdispersi, hingga terjadi tolak menolak antar partikel, dan adanya laisan rangkap listrik antara partikel terdispersi dan medium pendispersinya.

III  Peralatan yang Digunakan

Tabung reaksi + rak tabung reaksi
Pipet ukur 10 mL
Gelas kimia   150 ml
Buret + klem
Botol semprot
Sikat tabung reaksi




IV. Zat Kimia Yang Digunakan

Sol hidrofob positif (sol besi (III) oksida)
Sol hidrofob negative  (sol arsen sulfide)
Larutan elektrolit:
NaF  0,2 M
MgSO4    0,05 M
Al2(SO4)3   0,0005 M
Na3PO4     0,0005 M

V. Cara Kerja
Ambil larutan- larutan elektrolit NaF 0,2 M,  MgSO4 0,005 M dan Na3PO4  0,0005 M.  Dalam tabung reaksi yang bersih dan kering, buatlah campuran masing-masing larutan elektrolit seperti di bawah ini.
No tabung
I
II
III
IV
V
mL elektrolit
1
2
3
4
5
Ml air
4
3
2
1
0

Pada tiap tabung reaksi di atas tambahkan masing-masing 5 mL sol besi (III) oksida kemudian campurkan kedua larutan baik-baik dengan membalik-balikkan tabung reaksi 2-3 kali (jangan dikocok). Setelah 15 menit amati pada tabung mana terjadi pengendapan sempurna,  Untuk mendapatkan nilai pengendapan dengan ketelitian  lebih besar, susunlah beberapa tabung lagi dengan variasi lebih kecil dari semula.

1 komentar:

Unknown said...

Kok cuma sampai cara kerja? Tolong gmana cara nya supaya kelihatan seterusnya sampai pembahasan dan kesimpulannya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Catatan Informatika