Thursday 13 September 2012

Pengenalan Alat dan Bahan di Laboratorium Kimia



I. Pendahuluan
Tujuan dari praktikum ini adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan berbagai peralatan yang ada di laboratorium dan mengenal beberapa zat kimia yang umum.
Pada praktikum ini anda akan mengerjakan bagaimana cara penggunaan sebagian alat-alat dan mengamati zat-zat kimia yang biasa ada di laboratorium kimia. Sebagian alat-alat dan zat-zat kimia hanya akan didemonstrasikan oleh asisten.
Semua alat gelas yang akan digunakan untuk parktek harus dalam keadaan bersih. Alat-alat gelas dicuci dengan larutan deterjen dengan menggunakan sikat yang sesuai. Air panas dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan dengan air dingin. Larutan asam atau basa encer dapat digunakan bila kotoran sangat sulit dibersihkan dengan air dan deterjen. Oksidator kuat seperti larutan kalium dikromat juga dapat digunakan sebagai langlah akhir usaha membersihkan alat dengan cara merendam alat tersebut pada larutan kalium dikromat
Selanjutnya harus dilakukan pengeringan dari sisa-sisa air yang menempel pada gelas. Cara yang paling sederhana adalah didiamkan di udara terbuka dengan posisi alat terbalik supaya sisa air menetes ke bawah. Cara ini hanya bisa dilakukan bila kita memiliki waktu yang cukup sampai alat tersebut akan digunakan. Bila penggunaannya segera, pengeringan harus dilakukan pada oven untuk alat-alat gelas yang tidak memiliki skala kuantitatif. Bila alat tersebut memiliki skala yang kuantitatif, pengeringan harus dilakukan dengan menggunakan blower.
II. Mengenal Beberapa Alat Gelas Beserta Cara Menggunakannya
Prosedur
1.      Cucilah alat-alat berikut ini dan keringkan; batang pengaduk, tabung reaksi, pipet volume, buret, corong gelas, labu ukur, labu erlermeyer, gelas piala (beaker glass), dan gelas ukur.
2.      Dengan menggunakan neraca yang ada di laboratorium, timbanglah sejumlah 1,25 gram CaCO3. Larutkan dalam sejumlah 20 mL akuades dalam gelas piala. Saringlah campuran tersebut sehingga terpisah antara filtrat dan endapannya.
3.      Pindahkan sebanyak 10 mL filtrat dengan menggunakan pipet volume ke dalam labu Erlenmeyer 100 mL.
4.      Isilah buret ukuran 50 mL dengan akuades sampai tanda batas. Keluarkan akuades sebanyak 24,1 mL dan ditampung dengan labu Erlenmeyer 100 mL.
5.      Lakukanlah semua langkah-langkah di atas sesuai dengan instruksi dan bimbingan asisten.
Untuk alat-alat lainnya akan diperagakan oleh asisten
III. Mengenal Bahan-bahan Kimia Umum di Laboratorium Kimia
Zat-zat kimia perlu diketahui dengan baik, sifat maupun kegunaannya. Sebagian besar zat kimia yang ada di laboratorium adalah berbahaya bila tidak mengetahui sifat-sifat dan cara penanganannya. Oleh karena itu, anda hanya akan diperkenalkan dan diterangkan oleh asisten. Walaupun demikian, anda harus mencatat semua alat beserta kegunaannya dan zat-zat kimia beserta ciri-ciri fisiknya yang nampak dan beri keterangan bila perlu pada tabel yang tersedia. Beserta dengan alat, pengenalan langsung zat-zat kimia akan dilakukan bertahap sesuai dengan modul praktek.
IV. Pengamatan
DAFTAR NAMA DAN FUNGSI ALAT-ALAT LABORATORIUM KIMIA

NO
NAMA ALAT
FUNGSI
KETERANGAN

































































































DAFTAR NAMA, RUMUS, DAN CIRI FISIK BEBERAPA ZAT KIMIA YANG UMUM

NO
NAMA SENYAWA
RUMUS
KIMIA
CIRI FISIK
KETERANGAN

























































































































Bandung,    /    /20   
Paraf Asisten

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Catatan Informatika